ماَاسْـتـُودِعَ فىِ غيْبِ السَّراءـرِ ظهرَ فِى شَهادَةِ الظوَاهِرِ

Apa yang tersembunyi dalam rahasia ghoib, yaitu berupa Nur ma’rifat dan nur ilahi, pasti akan ada pengaruhnya di anggota lahir

Apabila dalam hati hamba sudah ada Nur ma’rifat dari Alloh,pengaruhnya Nur tersebut akan jelas tampak pada anggota lahir, karena keadaan lahir itu bisa menjadi cermin keadaan batin.

Abu Hafs berkata: Bagusnya adab kesopanan lahir, membuktikan adanya adab yang didalam batin.

Rosululloh saw. Ketika melihat seorang yang memain-mainkan tangannya ketika sholat, maka Rosululloh saw. Bersabda : Lau-khosya’a qolbuhu lakhosya-‘at jawarikhuhu. ( andaikan khusyu’ hati orang itu, niscaya khusyu' semua anggota badannya.”

Abu Tholib al-makky barkata: Alloh telah menunjukkan tanda bukti orang kafir, yaitu bila disebut nama Alloh mereka mengejek dan enggan tidak mau menerimanya.

Alloh berfirman :” Apabila disebut nama Alloh saja (sendiri), cemas dan muak hati orang-orang yang tidak percaya kepada akhirat, sebaliknya bila disebut nama-nama selain Alloh mereka gembira, dan menerima dan puas”. Az-zumar.45.

Alloh menerangkan dalam ayat ini tentang sikap orang-orang kafir, berbeda dengan sikap orang mukmin, jiwanya merasa puas jika dikatakan, ini semua dari Alloh. Dan ini semua perbedaan antara iman tauhid dengan syirik.

Semoga Bermanfaat

ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪ...

SATU KALI DZIKIR SIRR SEBANDING DENGAN 35 JUTA DZIKIR lisan

Semoga ini bisa jadi renungan dan motifasi kita dalam berzikir,

Jika Asma Allah diucapkan sekali saja dengan lisan, 

itu disebut dzikir (mengingat) lisan, 

namun jika Nama Allah diingat dengan hati, 

maka itu akan sebanding dengan tiga puluh lima juta 

ucapan-ucapan (dzikir) lisan. 

Itulah dzikir hati atau dzikir sirr.

Ada 35 juta pembuluh darah dalam tubuh, 

dan semua terhubung ke jantung. 

Jika Nama Allah diucapkan bahkan sekali saja (dengan hati) 

maka semua yang mengalir mengucapkan juga.

 

Rasulullah saw bersabda, 

“Wahai Abu Dzarr! 

 Berzikirlah kepada Allah dengan zikir khamilan!”, 

Abu Dzarr bertanya : “Apa itu khamilan?”

Sabda Rasul : 

“Khafi 

(dalam hati)” 

(Mizan al-Hikmah 3 : 435)

 

TAHAP pertama zikir adalah zikir lisan. 

Kemudian zikir qalbu yang cenderung diupayakan dan dipaksakan. 

Selanjutnya, zikir qalbu yang berlangsung secara lugas, tanpa perlu dipaksakan. 

Serta yang terakhir adalah ketika Allah sudah berkuasa di dalam kalbu disertai sirnanya zikir itu sendiri. 

Inilah rahasia dari sabda Nabi saw :  ”Siapa ingin bersenang – senang di taman surga, perbanyaklah mengingat Allah”

TANDA bahwa sebuah zikir sampai pada sir  (nurani yang terdalam yang menjadi tempat cahaya penyaksian) 

adalah ketika pelaku zikir dan objek zikirnya lenyap tersembunyi. 

Zikir Sir terwujud ketika seseorang telah terliputi  dan tenggelam di dalamnya. 

Tandanya, apabila engkau meninggalkan zikir tersebut, 

ia takkan meninggalkanmu. Zikir tersebut terbang masuk ke dalam dirimu 

untuk menyadarkanmu dari kondisi tidak sadar  kepada kondisi hudhur (hadirnya qalbu). 

Salah satu tandanya,  zikir itu akan menarik kepalamu dan seluruh organ tubuhmu sehingga seolah–olah tertarik oleh rantai. 

Indikasinya, zikir tersebut tak pernah padam dan cahayanya tak pernah redup.

Namun, engkau menyaksikan cahayanya selalu naik turun,  sementara api yang ada di sekitarmu senantiasa bersih menyala. 

Zikir yang masuk ke dalam sir terwujud dalam bentuk diamnya si pelaku zikir seolah–olah lisannya tertusuk jarum. 

Atau, semua wajahnya adalah lisan yang sedang berzikir dengan cahaya yang mengalir darinya.

KETAHUILAH, setiap zikir yang disadari oleh kalbumu didengar oleh para malaikat penjaga. 

Sebab, perasaan mereka beserta perasaanmu.  Di dalamnya ada sir sampai saat zikirmu sudah gaib dari perasaanmu 

karena engkau sudah sirna bersama Tuhan, zikirmu juga gaib dari perasaan mereka.

 

Kesimpulannya, berzikir dengan ungkapan kata–kata tanpa rasa hudhur  (kehadiran hati) disebut zikir lisan, 

berzikir dengan merasakan kehadiran kalbu bersama Allah disebut zikir qalbu,  sementara berzikir tanpa menyadari kehadiran segala sesuatu selain Allah 

disebut Zikir Sir. Itulah yang disebut dengan Zikir Khafiy.

Allah SWT berfirman: 

“Dan berzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu (nafsika)  dengan merendahkan dirimu dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang 

dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai” 

(QS 7 : 205)

REZEKI lahiriah terwujud dengan gerakan badan,  rezeki batiniah terwujud dengan gerakan kalbu,  rezeki sir terwujud dengan diam,  sementara rezeki akal terwujud dengan fana dari diam 

sehingga seorang hamba tinggal dengan tenang untuk Allah dan bersama Allah.

Nutrisi dan makanan bukanlah konsumsi rohani,  melainkan komsumsi badan. 

Adapun yang menjadi konsumsi rohani dan kalbu adalah mengingat Allah Zat Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

Allah SWT berfirman, 

“Orang–orang beriman dan kalbu mereka tenteram dengan mengingat (zikir kepada) Allah.”

 

Semua makhluk yang mendengarmu sebenarnya juga ikut berzikir bersamamu. 

Sebab, engkau berzikir dengan lisanmu, lalu dengan kalbumu,  kemudian dengan nafs–mu , kemudian dengan rohmu, selanjutnya dengan akalmu, dan setelah itu dengan sirmu.

Bila engkau berzikir dengan lisan,  pada saat yang sama semua benda mati akan berzikir bersamamu. 

Bila engkau berzikir dengan qalbu, pada saat yang sama  alam beserta isinya ikut berzikir bersama qalbumu. 

Bila engkau berzikir dengan nafs–mu,  pada saat yang sama seluruh langit beserta isinya  juga turut berzikir bersamamu.

Bila engkau berzikir dengan rohmu,  pada saat yang sama singgasana Allah (‘Arsy)  beserta seluruh isinya ikut berzikir bersamamu. 

Bila engkau berzikir dengan akalmu, para malaikat pembawa Arsy  dan roh orang–orang yang memiliki kedekatan dengan Allah juga ikut berzikir bersamamu. 

Bila engkau berzikir dengan sirmu, Arsy beserta seluruh isinya turut berzikir hingga zikir tersebut bersambung dengan zat–Nya.

Imam al-Baqir dan Imam ash-Shadiq as berkata : 

“Para malaikat tidak mencatat amal shalih  seseorang kecuali apa-apa yang didengarnya,

maka ketika Allah berfirman : 

“Berzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu (nafsika)”,  tidak ada seorangpun yang tahu 

seberapa besar pahala zikir di dalam hati  dari seorang hamba-Nya kecuali Allah Ta’ala sendiri” 58]

DI DALAM riwayat lainnya disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda : 

“Zikir diam (khafiy) 70 kali lebih utama  daripada zikir yang terdengar oleh para malaikat pencatat amal. “ 

(Al-Hadits)

Bila sang hamba mampu melanggengkan Zikir Khafi  serta meyakini bahwa semua Alam Lahir dan Alam Batin  merupakan pengejewantahan dari nama-nama-Nya 

maka ia akan merasakan kehadiran-Nya di semua tempat dan merasakan pengawasan-Nya  dan jutaan nikmat-nikmat-Nya.

Perasaan akan kehadiran-Nya ini akan mencegah sang hamba dari berbuat dosa dan maksiat. 

Jika di hadapan anak yang sudah akil baligh saja manusia malu untuk berbuat dosa dan membuka auratnya,  maka bagaimana ia tidak malu 

untuk membuka auratnya dihadapan Sang Khaliq? Mengapa kita tidak merasa sungkan dan malu berbuat hal-hal yang tidak layak di hadapan Sang Khaliq? 

Itu karena keyakinan kita atas kehadiran-Nya di setiap eksistensi tidak sebagaimana keyakinan kita  ketika kita melihat kehadiran sang anak yang akil baligh tersebut.(Merasakan Allah selalu bersama kita, Mengawasi, Menjaga kita dan Mengendalikan Semua yg ada di alam ini)

Apabila kita ingin mencapai keyakinan seperti ini  kita mesti mempersiapkan latihan-latihan untuk melaksanakan Zikir Khafi sampai pada suatu tahapan di mana hati kita berzikir secara otomatis seperti gerak detak jantung dan tarikan-tarikan nafas kita (yang tidak kita kendalikan)

Imam Ali Zainal ‘Abidin as di dalam do’anya :

“Ilahi, Ilhamkanlah kepada kami Zikir kepada-Mudi kesendirian maupun di keramaian, di malam hari maupun di siang hari, secara terang-terangan, maupun secara rahasia (sembunyi),di saat gembira maupun di saat kesusahan, jadikanlah hati kami menjadi senang dengan berzikir al-khafi “

Semoga kita menjadi orang yg lebih baik dan lebih bermanfaat._

Robbana Taqobbal Minna Ya Allah terimalah dari kami(amalan kami),

آمين.. آمين.. آمين يَآرَبْ العالمين

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ

في العالمين إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ    Mohon maaf jika ada kesalahan, Silakan dilengkapi jika ada yg kurang

أفادالحبيب الامام عبد الله بن عيدروس العيدروس

نفع الله به ، أن ثلاثة من الاذكار اذا قالها الانسان

كل يوم ( 611 مرة) لم يتول قبض روحه الا

الحببب صلى الله عليه وسلم وهي هذه; الاول:

الصلاة والسلام عليك ياسيدي يارسول الله قل

حيلتى أدركنى ( 166 ) الثاني: السلام عليك ايها

النبي ورحمة الله و بركاته( 166 ) الثالث: انا في

جاه رسول الله( صلى الله عليه و اله وسلم 116)

 

Subhanallah

Nabi Muhammad SAW akan hadir saat mencabut nyawa kita . para ulama ulama yg shalih adalah orang orang yang terbimbing perilaku dan ucapannya dgn hidayah dari Allah swt sehingga mereka sangat takut kepada Allah swt untuk berbohong , bahkan kepada binatang pun mereka tdk mau berbohong apalagi berdusta atas nama Nabi Muhammad SAW .

Dalam islam sangat banyak para ulama ulama sholihin yang bermimpi Rasulullah SAW bahkan mendapatkan petunjuk atau isyarat untuk melakukan atau berucap hal hal tertentu . ( seperti dzikir , shalawat , doa dll ).

Ada riwayat hadits yang membenarkan ( haq ) bagi siapa yang bermimpi Nabi bahwa mimpi itu adalah sebuah kbenaran / kenyataan dan benar benar batinnya melihat Beliau karena syaitan tdk diizinkan oleh Allah untuk datang dlm mimpi seseorang dgn mengaku sebagai Nabi Muhammad . ditambah dengan riwayat lain yg Nabi saw menyebutkan bahwa sebagian mimpi org mukmin itu adalah bagian kecil dari bagian bagian wahyu Allah . Allah juga sering mengilhami seseorang akan hal hal tertentu sebagaimana termahtub dalam Al Qur'an yg suci seperti halnya dibawah ini ada riwayat dari AL IMAM AL HABIB ABDULLAH BIN IDRUS AL AYDRUS Beliau berkata :

Ada tiga jenis dzikr yg jika seorang mukmin membacanya setiap hari ( dengan istiqomah ) masing masing sbnyak 116x maka Nabi Muhammad saw akan berkepintingan untuk hadir saat pencabutan nyawanya ( sakaratul maut )

Pertama :

الصلاة والسلام عليك ياسيدي يارسول الله قلت حيلتي ادركني 116x

Assalatu was salamu alaika ya Sayyidi Ya Rasulallah qallat hiilaty adrikni

Kedua :

السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته 116x

Assalamu alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh.

Ketiga :

انافي جاه رسول الله صلى الله عليه واله وسلم

Ana fi jaahi Rasulillah shalallahu alaihi wa alihi wa sallam .

Hal ini disebutkan oleh Al Allamah Al Habib Zein bin Ibrahim bin Sumaith Madinah Al Munawwarah dalam kitab ANNUJUMUS ZAHIRAH

Semoga saat ajal menjemput kita , Allah berkenan menghadirkan Rasulullah saw untuk mendampingi detik detik terakhir hidup kita didunia agar kta mndapat HUSNUL KHATIMAH Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin

Sahabat, pernahkah kita ketika bangun di waktu pagi langsung gelisah memikirkan amal baik apa yang akan kita kerjain hari ini? Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Barangsiapa yang bangun di pagi hari namun hanya dunia yang dipikirkannya, sehingga seolah-olah dia tidak melihat hak Allah dalam dirinya, maka Allah akan menanamkan 4 (empat) penyakit dalam dirinya:

1.Kebingungan, yang tiada putusnya;

2.Kesibukan, yang tidak ada ujungnya;

3.Kebutuhan, yang tidak terpenuhi; dan

4.Keinginan, yang tidak tercapai.”

(HR. Ath Thabrani).

Jadi marilah kita mulai setiap pagi hari dengan menjaga dan memenuhi hak Allah terlebih dahulu, sebagai bukti syukur kita karena Allah masih memberikan umur dan kesempatan untuk hidup. Hak-Hak Allah diantaranya:

1.Berwudhu’ dan berdoa setelah wudhu’

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku, dan kepada Allah akan dibangkitkan.”

2.Shalat sunnah sebelum subuh

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim).

3.shalat subuh berjama’ah di masjid bagi laki-laki

“Barang siapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah.” (HR. Muslim)

4.Kemudian diikuti dzikir di pagi hari

“Maukah kamu aku tunjukkan  perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Raja-mu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu; lebih baik bagimu dari infak emas atau perak?” Beliau bersabda, “Dzikir kepada Allah Yang Maha tinggi.” (HR. At-Tirmidzi)

5.sholat dhuha

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad)

6. Berinfak di pagi hari

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alahi wasallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa : Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq, sedangkan yang satu lagi berdoa : Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).  (H.R Imam Bukhari) 

Semoga semua kekhawatiran dalam hidup Allah hapuskan, serta kita dijadikan hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan senantiasa mendahulukan hak-hak Allah. 

Wallahu A’lam Bishawab

Subcategories

Banyak hadits yang menjelaskan keutamaan shalawat pada Nabi diantaranta sabda Nabi " Barang siapa menulis shalawat kepadaku di dalam sebuah buku maka malaikat terus menerus memintakan ampun untknya selama namaku masih berada dalam buku tersebut "